Jumat, 05 Maret 2010

Deteksi Jika Masih Bagel!

masalah dengan rem? Terutama, rem disc alias cakram. Misalnya, rem tidak berfungsi sempurna ketika dibutuhkan. Ketika tuas rem ditarik, eh malah keras dan enggak mau ngerem atawa bagel. Solusinya, cek seluruh perangkat rem. Mulai dari master rem hingga kaliper!

“Untuk lebih mudahnya, cek kondisi master rem dulu. Tapi jika kondisi part itu masih bagus, baru cek kaliper rem,” ujar Turmono, mekanik Kardi Mulia Motor di Jl. Wr Supratman, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang, Banten.


Dari kaliper atau biasa dikenal kepala babi ini, beberapa part yang bisa dicek. Pertama, piston penekan kampas rem. Pastikan agar kondisi part ini sempurna. Karena, fungsinya yang cukup vital. "Biasanya keausan piston kaliper tergolong tahunan. Tidak seperti part fast moving,” bilang pria akrab disapa Toto ini.

Begitunya keausan yang dialami piston, biasanya karat atau baret. Karat bisa tercipta dari kondisi minyak rem yang kotor. Parahnya jika kondisi minyak rem sudah kotor tapi tidak dikuras secepatnya bisa meyebabkan baret pada piston. Nah, karena berkarat, maka kemampuan minyak rem mendorong piston buat menekan kampas rem jadi tertahan. Ini yang bikin ngebagel.

Solusinya, sobat musti bersihkan karat atau baret kecil di piston itu. Caranya mudah kok. Bukan, bukan beli baru lho! Sebab part ini gak dijual bebas di pasaran tuh. Tapi, sobat cukup bersih kan pakai ampelas. “Gunakan ampelas halus nomor 1.000 atau 1.500. Menggosoknya juga enggak perlu ditekan. Cukup diosok secara halus,” wanti Toto yang berambut gondrong.

Part kedua di kaliper yang musti dicek adalah o-ring piston itu sendiri. Pastikan kondisi part yang berfungsi sebagai seal atawa sil ini masih layak digunakan. Sebab jika tidak, bukan hanya berpotensi ngebagel aja. Tapi bisa bikin rem blong!

Sebab jika sil ini aus, maka minyak bakal menyusup keluar dari celah sil dan piston. Kalau keluar langsung terbuang mungkin enggak apa tuh. Parahnya kalau minyak bocor dan membasahi kampas rem itu sendiri. Maka antara kampas rem dengan piringan rem akan tercipta lapisan yang licin. Sobat tarik tuas rem, motor kagak mau berhenti .

Berbeda dengan piston kaliper yang tidak dijual bebas. Kalau karet o-ring, masih bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. "Soal harga, dijual sekitar Rp 10 ribuan,” aku mekanik asal Cilacap, Jawa Tengah ini.

Ayo cek dan bersihkan!

Sumber : motorplus

0 comments: